Home » » Lembar Kerja Ssiswa Jenis-Jenis Tanah Di Indonesia

Lembar Kerja Ssiswa Jenis-Jenis Tanah Di Indonesia

Written By thiar ce'gu on Tuesday, September 6, 2016 | 4:56 AM

Pendahuluan
Tanah (soil) merupakan lapisan teratas dari bumi. Tanah sangat penting bagi manusia karena kehidupan manusia berada di atasnya. Tanah terbentuk dari bebatuan yang mengalami pelapukan. Proses pelapukan ini terjadi dalam waktu yang lama bahkan hingga ratusan tahun. Pelapukan batuan menjadi tanah juga dibantu dengan beberapa mikroorganisme, perubahan suhu dan air. Jenis tanah
dari satu daerah dengan daerah lainnya berbeda tergantung dari komponen yang ada di dalam daerah tersebut. Komponen yang ada di dalam tanah yang baik untuk tanaman adalah tanah yang mengandung mineral 50%, bahan organik 5% dan air 25%. Pengaruh letak astronomis dan geografis di Indonesia sangat penting dalam membentuk berbagai macam tanah.
Jenis-jenis tanah yang ada di dunia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya tergantung pada lingkungan yang ada di dalam daerah tersebut
1.Tanah aluvial, 2.Tanah andosol, 3.Tanah entisol, 4.Tanah grumusol, 5.Tanah humus ,6.Tanah Inseptol, 7.Tanah laterit, 8.Tanah litosol, 9.Tanah Mergel, 10.Tanah organosol



Bahan/Alat
1.      Buku IPS Geografi yang relevan tentang jenis tanah
2.      Foto-foto Jenis tanah


Tabel Jenis tanah Di Indonesia
No
Penjelasan
Jenis Tanah
1
merupakan jenis tanah yang terjadi karena endapan lumpur biasanya yang terbawa karena aliran sungai. Tanah ini biasanya ditemukan dibagian hilir karena dibawa dari hulu. Tanah ini biasanya bewarna coklat hingga kelabu
……………………………………
2
merupakan salah satu jenis tanah vulkanik dimana terbentuk karena adanya proses vulkanisme pada gunung berapi. Tanah ini sangat subur dan baik untuk tanaman.
……………………………………
3
merupakan saudara dari tanah andosol namun biasaya merupakan pelapukan dari material yang dikeluarkan oleh letusan gunung berapi seperti debu, pasir, lahar, dan lapili.

……………………………………
4
terbentuk dari pelapukan batuan kapur dan tuffa vulkanik. Kandungan organic di dalamnya rendah karena dari batuan kapur jadi dapat disimpulkan tanah ini tidak subur dan tidak cocok untuk ditanami tanaman.

……………………………………
5
merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuh-tumbuhan. Mengandung banyak unsur hara dan mineral dan sangat subur.

……………………………………
6
terbentuk dari batuan sedimen atau metamorf dengan warna agak kecoklatan dan kehitaman serta campuran yang agak keabu-abuan. Tanah ini juga dapat menopang pembentukan hutan yang asri.

……………………………………



7
memiliki warna merah bata karena mengandung banyak zat besi dan alumunium. Di indonesia sendiri tanah ini sepertinya cukup fimiliar di berbagai daerah, terutama di daerah desa dan perkampungan.
……………………………………
8
merupakan tanah yang baru mengalami perkembangan dan merupakan tanah yang masih muda. Terbentuk dari adanya perubahan iklim, topografi dan adanya vulkanisme.
……………………………………
9
Hampir sama dengan tanah kapur, jenis tanah ini juga berasal dari kapur, namun dicampur dengan berbagai bahan lainnya yang membedakan adalah ia lebih mirip seperti pasir. Tanah mergel terbentuk dari batuan kapur, pasir dan tanah liat dan mengalami pembentukan dengan bantuan hujan namun tidak merata.

……………………………………
10
terbentuk dari pelapukan benda organic seperti tumbuhan, gambut dan rawa. Biasanya terdapat di daerah yang memiliki iklim basah dan memiliki curah hujan tinggi.
……………………………………

Rincian Kerja/Tugas
1.      Bacalah wacana pada pendahuluan diatas !
2.      Bacalah buku sumber yang relevan !
3.      Isilah tabel jenis tanah diatas !
Pertanyaan
1.      Sebutkan dan jelaskan 10 Jenis tanah di Indonesia

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Lainnya

 
Copyright © 2013. Lembar Kerja Siswa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger